Random Template

Prime Noni/Noni Juice

Ad

Sabtu, 10 November 2012

SUP HERBAL DALAM WADAH PEPAYA


“Kalau lagi pilek, biar cepat sembuh, jangan minum minuman yang dingin dahulu.” Nasehat orang tua ini ternyata manjur juga. Namun, papa hubungannya antara sakit pilek dengan minum yang dingin-dingin?
Salah satu negara yang memegang teguh kepercayaan tentang “panas-dingin” adalah China. Di sana, prinsip Yin dan Yang diterapkan diberbagai hal hingga kemakanan. Masyarakat di sana percaya bahwa makanan dibagi menjadi dua, yaitu yin dan yang. Makanan yang adalah semua makanan yang meningkatkan metabolisme panas tubuh. Misalnya daging yang menghasilkan energi dari lemak protein.
Sementara itu, jenis makanan ying adalah semua makanan yang mengurangi metabolisme panas tubuh. Makanan jenis ini biasanya berupa makan yang mengandung banyak air, seperti semangka. Masyarakat China percaya agar tubuh sehat, kita harus mengkonsumsi kedua jenis makanan ini secara seimbang.
Sebagai contoh, jika kita sedang sakit “dingin” seperti pilek, kita biasanya cenderung menghindari makanan yang “dingin” juga. Contoh makanan ini adalah lemon, dan mentimun. Sementara itu, jika sedang sakit panas, seperti eksim (penyakit kulit), berbagai makanan  “panas”, seperti bawang putih, bawang merah dan cokelat sebaiknya dihindari.
Selain itu, mengkonsumsi makanan “panas” dan “dingin” secara berlebihan bisa membuat tubuh sakit. Misalnya, terlalu banyak mengkonsumsi cabai dan lobster bisa membuat ruam perut. Begitu juga jika kita terlalu banyak mengkonsumsi semangka atau rumput laut yang bisa menyebabkan sakit perut.
Bicara makanan, contoh menu sehat dari China bisa dijumpai di Guangzhou. Di salah satu restoran yang cukup terkenal, setelah menyantap aneka masakan daging, pengunjung akan disuguhkan sajian penutup, berupa sup herbal.
Sup ini disajikan langsung dalam wadah pepaya. Cara makannya, kita perlu mencampur semacam santan ke dalam pepaya. Sensasi segar akan segera dirasakan ketika menyeruput kuah sup ini. Maklum, sup ini memadukan air pepaya dengan air jahe yang hangat.
Setalah itu, nikmatilah “isi” sup yang berisi herbal China berwarna putih kenyal. Setelah “isi” habis, akhiri dengan memakan daging pepaya. Rasanya? Segar, hangat, dan tentunya mantap.

Global Promotion Alliance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Ad