Random Template

Prime Noni/Noni Juice

Ad

Rabu, 17 Oktober 2012

MENGUPAS KHASIAT AMPAS TEH


Teh konon di tamukan secara tak sengaja ketika daun-daunnya masuk ke dalam air yang tengah dijerang untuk kaisar Shen Nun di China pada 2737 SM. Kita percaya dengan meminum teh secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi stres, dan memperlambat proses penuaan. Dan  ternyata khasiat teh tidak hanya dapat kita peroleh dengan meminum seduhan teh saja. Kita juga bisa memanfaatkan ampas dari seduhan teh tersebut. Ha, yang benar aja?

Polifenol, kandungan antioksidan yang membuat minuman ini begitu sakti, tetap tinggal dalam ampas teh. Simak beberapa kegunaannya berikut ini.

Mencegah timbulnya jerawat.
Lawan jerawat dengan kandungan polofenol ini. Usapkan ampas teh ke seluruh wajah, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas. Ampas teh mengandung polifenol yang bisa menghambat pembentukan lemak menjadi asam lemak sehingga mencegah kandungan minyak berlebih dan iritasi. Sehingga tumbuhnya jerawat bisa dicegah.

Menghaluskan kulit
Polifenol dalm teh merupakan antioksidan jenis bioflavonoid juga dapat mengatasi masalah kulit kasar dan kusam. Oleskan ampas teh ketangan, kaki dan bagian tubuh lain. Biarkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan antioksidan yang meresap dalami kulit akan menetralisir radikal bebas sehingga memperlambat penuaan dini.

Mencegah kerontokan rambut.
Akar rambut yang rapuh pun dapat diperkuat dengan zat polifenol. Siapkan 200ml air tbil eh beserta ampasnya kemudian siramkan pada rambut yang telah dibasahi dengan air hangat. Pijak kepala dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan sampo. Yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan ampas teh agar tidak kesulitan saat membersihkannya.

Merilekskan mata.
Lelah setelah bekerja seharian? Ambil waktu untuk relaksasi mata. Gunakan ampas teh untuk kompres mata. Anda dapat membungkusnya dengan kain terlebih dahulu ataupun langsung menaruhnya si pelupuk mata. Mata pun terasa lebih rileks.

Selesai melakuka perawatan tubuh dan wajah dengan ampas teh? Eiits, jangan terburu-buru memasukannya ke keranjang sampah. Jadikan ampas teh sebagai pupuk organik dengan menaburkannya di atas tanah di dalam pot-pot Anda. Kandungan nitrat di dalamnya akan terserap akar. Tanaman Anda pun semakin subur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Ad