Random Template

Prime Noni/Noni Juice

Ad

Rabu, 03 Juli 2013

WASPADA STROKE DI USIA PRODUKTIF

Stroke merupakan kondisi dimana sel-sel otak mati karena kekurangan oksigen. Hal ini disebabkan adanya suatu halangan di dalam aliran darah atau pecahnya pembuluh arteri. Stroke bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Anda yang berada pada usia produktif. Menurut BPS usia yang tergolong produktif adlah usia 15-64 tahun. Jadi, Anda yang berada di rentang usia ini sebaiknya benar-benar memperhatikan pola hidup, terlebih menyangkut pola makan.
Untuk menjaga pola hidup, anda bisa mulai melakukan hal-hal berikut ini.
1.       Diet sehat dan seimbang
Diet sehat dan seimbang dapat diartikan dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran segar, susu renndah lemak, serta rendah natrium (asupan garam harian tidak boleh melebihi 2.300 miligram atau sekitar 1 sendok teh)
2.       Aktifitas fisik secara teratur
Latihan degan tingkat sedang (akumulasi 30-60 menit) 4 sampai 7 hari dalam seminggu. Misalnya jalan santai, joging, bersepeda, dan berenang. Pasien beresiko tinggi direkomendasikan untuk mengikuti program yang diawasi medis.
3.       Kendalikan berat badan
Mempertahankan indeks masa tubuh (IMT) PADA KISARAN 18,5 SAMPAI 24,9 kg/m2 dan lingkar pinggang kurang dari 80 cm bagi perempuan dan kurang dari 90 cm bagi pria (standar Asia Timur dan Selatan).
4.       Stop merokok
Roko merupakan salah satu faktor pemicu terbesar terjadinya stroke. Ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan merokok dengan terapi pengganti nikotin (permen karet) dan terapi tingkah laku.
5.       Kendalikam hipertensi dan kontrol gula darah
Menurunkan tekanan darah yang tinggi sampai target kurang  dari 140/90 mmHG (tanpa penyakit penyerta lain). Kontrol gula darah dengan target HbA1C <6,5 persen
6.       Hiperkolesterolemia

Bagi penderita kolesterol tinggi (hiperkolesterolamia), pemberian statain dan modifikasi gaya hidup dengan target kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Ad